Roadshow MPKAS 23 s.d 27 Januari 2013.

Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah SWT dan terimakasih banyak atas dukungan dan support semua pihak, Roadshow MPKAS ke Ranah Minang dari tgl 23 Januari s/d 27 Januari 2013, telah berjalan dengan sukses dan lancar, alhamdulilah

Ada 3 tujuan RoadShow MPKAS (Kurnia dan Pak Ali) ke Ranah Minang kali ini adalah sbb:

  1. Untuk melihat kondisi Railbus KA Bandara yang sudah selamat sampai di Padang pada tanggal 29 Desember 2012 ybl.
  2. Update informasi untuk para kepala daerah c.g Pak Gubernur, Wako dan Bupati. Untuk mengupdate dan menggalang dukungan kepala daerah kembali ,khususnya Para Walikota,Para Bupati untuk mendukung hidupnya kembali Program KA Wisata yang diusung MPKAS selanjutnya yaitu mengaktifkan kembali Jalur Kereta Api dari Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh.Terutama bagi daerah yang dilalui oleh jalur kereta Api ini.
  3. Memenuhi undangan panitia untuk menghadiri acara Peresmian Janjang Koto Gadang di Ngarai Sianok Bukittinggi.

A .Rabu 23 Januari 2013 (Setelah mendarat di BIM dari Jakarta,kita langsung mengunjungi Railbus di Stasiun Simpang Haru Padang).

Alhamdulilah,bersyukur kepada Allah SWT, Railbus KA Bandara ini akhirnya selamat sampai di Padang setelah sekian lama,kita tunggu2. Railbus ini  terdiri dari 3 gerbong dengan kapasitas penumpang 150 orang,yang merupakan buah karya putra putri Indonesia di PT.INKA Madiun.

Railbus ini masih stand by di Balai Yasa Stasiun Simpang Haru Padang, sambil menunggu jadwal peresmian pengoperasiannya oleh Pak Gubernur Irwan Prayitno nantinya.Masih dalam rencana sebetulnya, setelah peresmian nantinya, Railbus ini akan dioperasikan untuk sementara waktu dari Padang Ke Pariaman,sembari menunggu selesainya kesiapan Rel dari Stasiun Duku/Kasang ke Terminal Bandara Internasional Minangkabau.Kondisi Railbus ini sabana baru dan sabana Rancak,dengan interior yang lux, semoga peresmian pengoperasiannya dapat dilakukan dalam waktu dekat, sehingga rakyat Sumatera Barat akan dapat menikmatinya Railbus ini segera,Amin yarrabal’alamin.

image002
Begandengan tangan. Dari kiri ke kanan. Kurnia Chalik (MPKAS),Pak Romeyo (Kahumas PT.KAI Divre II Sumbar),Pak Sempra,Pak Rozinnal & Pak Martunus.

Meninjau KA Wisata Si Binuang,rute Padang – Pariaman yg siap diberangkatkan jam 14.00 dari Padang.  KA Si Binuang ini ramai diminati orang saat ini, Alhamdulilah, terimakasih banyak ya Allah.

Kurnia Chalik dan Pak Ali (MPKAS) berfoto dengan Kadivre (Vice President) PT.KAI Divre II Sumatera Barat Pak Heru Isnadi (Berdiri di tengah)
Kurnia Chalik dan Pak Ali (MPKAS) berfoto dengan Kadivre (Vice President) PT.KAI Divre II Sumatera Barat Pak Heru Isnadi (Berdiri di tengah)

MPKAS berbincang2 dengan beliau seputar rencana pengoperasian Railbus nantinya.Dan juga MPKAS dalam kesempatan ini meminta kesiapan dari PT.KAI Divre II Sumatera Barat dan jajarannya, untuk mengaktifkan kembali jalur KA Wisata Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh.”InsyaAllah, kami siap Pak”,kata beliau,Alhamdulilah.

B.Hari Jum’at 25 Januari 2013 (Mengunjungi Pak Walikota Payakumbuh yang baru Pak Riza Falepi)

PKAS menyampaikan informasi terkini seputar kemajuan dunia Perkeretaapian di Sumatera Barat saat ini,termasuk datangnya Railbus KA Bandara ini dan MPKAS meminta dukungan kuat Pak Walikota Payakumbuh Pak Riza Falepi  untuk mendukung rencana MPKAS selanjutnya untuk mengaktifkan kembali Kereta Api Jalur Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh,dan Alhamdulilah Pak Walikota Payakumbuh ini siap mendukung upaya ini.Bahkan beliau berkata, “kalau perlu kita hidupkan kereta Api ini sampai Pekanbaru”, kata Pak Wako Payakumbuh ini dg penuh semangat,Alhamdulilah,terimakasih banyak ya Allah.

Ki-Ka. Walikota Payakumbuh Pak Riza Falepi dan Kurnia Chalik (MPKAS)
Ki-Ka. Walikota Payakumbuh Pak Riza Falepi dan Kurnia Chalik (MPKAS)

C. Hari Sabtu 26 Januari 2013 (Menemui Bupati Tanah Datar,Pak Shadiq Pasadigu di Batusangkar).

Alhamdulilah, Allah SWT mempertemukan MPKAS dengan Bupati Tanah Datar, Pak Shadiq Pasadigu dan Wakil Mentri Pendidikan Pak Musliar Kasim di Batusangkar. Kita mengingformasikan kepada Pak Bupati dan Pak Wamen ini, bahwa Railbus KA Bandara Internasional Minangkabau sudah selamat sampai di Padang dan sekarang menunggu peresmian pengoperasiannya oleh Pak Gubernur Irwan Prayitno. Pak Bupati Shadiq Pasadigu senang sekali mendengar berita ini. Dan target MPKAS selanjutnya adalah berencana untuk mengaktifkan KA Wisata Jalur Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh, dimana sebagian dari wilayah Kabupaten Tanah Datar termasuk dalam jalur Kereta api ini nantinya. Untuk itu kita juga mohon dukungan kuat dari Pak Bupati Shadiq Pasadigu terhadap rencana MPKAS ini,dan alhamdulilah beliau sangat mendukung rencana MPKAS ini,Alhamdulilah,terimakasih banyak ya Allah.

Ki-ka : Bupati Tanah Datar Pak Shadiq Pasadigu dan Kurnia Chalik (MPKAS)
Ki-ka : Bupati Tanah Datar Pak Shadiq Pasadigu dan Kurnia Chalik (MPKAS)

D. Hari Minggu 27 Januari 2013 (Menghadiri Peresmian Janjang Koto Gadang oleh Menkominfo Pak Tifatul Sembiring di Koto Gadang).

Alhamdulilah acara peresmian Janjang Koto Gadang berjalan dengan lancar.

Ki-ka : Kurnia Chalik (MPKAS) dan Menkominfo Pak Tifatul Sembiring
Ki-ka : Kurnia Chalik (MPKAS) dan Menkominfo Pak Tifatul Sembiring

Menaiki Janjang Koto Gadang dari Ngarai Sianok.Sabana mantap janjang koto gadang ini.Dan Pemandangan luar biasa Indahnya karena dilihat dari sisi berlawanan dari yang biasanya kita lihat dari Panorama.

Minggu 27 Januari 2013 malam hari di BIM Padang (Alhamdulilah pada akhirnya ambo dipertemukan oleh Allah dengan Bupati Agam, Uda Indra Catri di atas Pesawat Lion Air dalam perjalanan pulang ke Jakarta, terimakasih banyak ya Allah,padahal niat ingin bertemu dengan Uda Indra Catri  di acara Peresmian Janjang Koto Gadang paginya,tetapi karena ada longsor di Kec. Tanjung Raya,sehingga Uda Indra Catri harus segera meninjau daerah bencana).

MPKAS menginformasikan kepada Uda Indra Catri bahwa Railbus KA Bandara sudah selamat sampai di Padang dan sekarang menunggu acara peresmian pengoperasiannya oleh Pak Gubernur Irwan Prayitno. Dan program MPKAS selanjutnya adalah berencana untuk mengaktifkan kembali KA Wisata jalur Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh.Alhamdulilah Bupati Agam,Uda Indra Catri sangat mendukung rencana ini, alhamdulilah,Terimakasih banyak Da Indra.

Ki-ka : Bupati Agam Uda Indra Catri dan Kurnia Chalik ( MPKAS)
Ki-ka : Bupati Agam Uda Indra Catri dan Kurnia Chalik ( MPKAS)

sesaat setelah mendarat di Bandara Soekarno Hatta Jakarta (Minggu 27 Januari 2013 +/- jam 23 :00 wib).

F. Rencana MPKAS ke depan, InsyaAllah mengaktifkan kembali Jalur KA Wisata Padang Panjang – Bukittinggi –Payakumbuh,untuk mengatasi kemacetan hebat setiap tahunnya di jalur ini,terutama bila lebaran tiba, dimana jalur lalu lintas Padang – Padang Panjang –Bukittinggi – Payakumbuh biasanya ditempuh dalam waktu 12 jam,walaupun jaraknya hanya 123Km saja.

InsyaAllah kalau alah ado kereta api jalur Padang Panjang- Bukittinggi – Payakumbuh isuak baliak, indak ka macet2 bana lai Pendakian Panyalaian ko,Amin Yarrabal’alamin ya Allah.(Inilah impian kita, semoga Allah SWT akan selalu meridhoi niat dan usaha kita ini, Amin).

Kondisi beberapa tahun terakhir bila lebaran tiba2,jalur lintas Padang Panjang – Bukittinggi –Payakumbuh selalu dipadati oleh ribuan kendaraan perantau2 kita yang sedang pulang kampung berlebaran.Banyak yang kecewa dengan kondisi kemacetan ini,sehingga berencana tidak akan pulang lagi pada tahun2 berikutnya.Padahal mereka pulang lebaran membawa uang puluhan juta rupiah,untuk dibelanjakan di kampuang halaman.Betapa ruginya Ranah Minang kalau urang Rantau sudah enggan untuk pulang kampuang gara2 kemacetan ini karena total2 bisa puluhan Miliar rupiah uang yang dibawa oleh perantau ke Ranah Minang,semasa lebaran itu setiap tahunnya.

image029

Demikian saja laporan singkat Roadshow MPKAS kali ini, teriring do’a kita kepada Allah SWT, semoga segala niat tulus ikhlas dan kerja keras kita bersama untuk memajukan Ranah Minang Kampuang Halaman kita bersama yang tercinta ini akan selalu diredhoi oleh Allah SWT dan akan dicatatNya sebagai tabungan amal ibadah buat kita semua di akhirat kelak,Amin Yarrabal’alamin.

Wasalam,

Kurnia Chalik (MPKAS – Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat)

 

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 6 =