Perbaikan Jalur KA Rp34 M

Padang, Padek–Ini kabar gembira bagi pengguna kereta api (KA) rute Padang-Pariaman-Padang. Jarak tempuh yang selama ini memakan waktu 2,5 jam, tak lama lagi akan dipangkas menjadi 1,5 jam. Menyusul adanya peningkatan kualitas rel dan bantalan sepanjang jalur tersebut.

“Perbaikan jalur sepanjang 44 km tersebut dialokasikan dalam APBN 2009 dengan total anggaran Rp34 miliar. Jika tak ada aral melintang, perbaikan segera kita laksanakan,” kata Kadivre PTKA Sumbar, Husein Nurroni usai melepas keberangkatan Palanta Bloger di Stasiun Simpangharu, kemarin. Perbaikan jalur Padang-Pariaman, meliputi pergantian rel dan bantalannya.

Kalau sekarang terpasang rel jenis R33 (dalam 1 meter berat rel 33 kg, red) dengan R42 di jalur Padang-Lubuakaluang. Lalu, R25 jadi R42 di Lubuakaluang-Pariaman. Khusus bantalan, material besi dan kayu diganti seluruhnya dengan beton. Jika tiap 1 meter rel memiliki 3 bantalan, makan jumlah bantalan yang dibutuhkan mencapai 132 batang beton. Saat ini di beberapa titik, bantalan sudah diganti dengan beton.

Kalau perbaikan ini tuntas, laju kereta api bisa dipacu. Kalau sekarang rata-rata lajunya bari 40 km/jam, maka ke depan bisa mencapai 80 km/jam. Artinya, jarak tempuh pun bisa dipangkas jadi 1,5 jam. Selain itu, tingkat keamanannya juga lebih baik lagi.   Sementara itu, Preferred Customer Management PT Telkomsel Grapari Padang, Charles N G Pane mengatakan, pihaknya sengaja merangkul blogger yang tergabung dengan Palanta Blogger ini, karena umumnya para bloger ini menggunakan produk PT Telkomsel dalam menjalankan hobinya. (rdo)

http://www.padangekspres.co.id/content/view/37201/1/

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − 3 =