Pemerintah Anggarkan Rp 64 Triliun Untuk Bangun 2.168 KM Trans Sumatera Railways

Rencana untuk membangun sebuah angkutan massal yang melintasi sepanjang pulau sumatera sepertinya akan segera terwujud. Angkutan massal tersebut adalah Trans Sumatera Railways, jalur kereta api yang akan melintasi sepanjang pulau sumatera dari aceh sampai lampung.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memulai pembangunan proyek kereta api Trans Sumatera Railways sepanjang sekitar 2.168 kilometer (km) pada tahun depan.

encana Jalur Kereta Api Trans Sumatera | foto oleh @nofrins
encana Jalur Kereta Api Trans Sumatera | foto oleh @nofrins

 

Untuk memulai mewujudkan rencana tersebut kabarnya pemerintah melalui Kementrian Perhubungan telah mempersiapkan dana Rp 64 Triliun. Pembangunan Trans Sumatera telah dimulai dilakukan dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangke di Sumatera Utara.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Untuk dana sendiri selain dana dari pemerintah pusat juga diharapkan ada dana dari pihak swasta yang berpartisipasi.

“Pembangunan proyek ini akan dibangun bertahap dengan menggunakan dana APBN serta diharapkan ada dana dari pihak swasta,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dikutip dari Kompas.

Sementara itu untuk Sumatera Barat sendiri pihak yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatra Barat (MPKAS) sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan Fredy Numberi untuk mewujudkan rencana Trans Sumatera tersebut.

Menteri Perhubungan Fredy Numberi pun menyambut baik antusias serta gagasan yang disampaikan MPKAS dan DPD RI. Menurut Menteri Perhubungan, Trans Sumatera Railways harus terwujud.

Dengan adanya Trans Sumatera Railways ini diharapkan dapat mendongkrak perekenomian masyarakat di Sumatera. Karena dengan adanya transportasi tersebut perjalanan barang pun menjadi lebih mudah baik dari dan menuju pelabuhan.

Sumber : http://www.infosumbar.net/berita/berita-sumbar/pemerintah-anggarkan-rp-64-triliun-untuk-bangun-2-168-km-trans-sumatera-railways/

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − ten =