MPKAS Dorong Dibangunnya Terowongan Padang-Solok

PADANG Ketua Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS), Kurnia Chalik mendorong pemerintah pusat segera membangun terowongan Padang-Solok yang memang sudah dirintis sejak lama.

Rencananya, Kurnia akan langsung membicarakan hal tersebut dengan Presiden RI, Joko Widodo yang tidak diragukan kecintaannya kepada kereta api.

Aundiensi dengan Gubernur Sumbar dan Walkota Padang
Aundiensi dengan Gubernur Sumbar dan Walikota Padang
Audiensi MPKAS dengan Walikota Padang, Bpk. Mahyeldi Ansharullah
Audiensi MPKAS dengan Walikota Padang, Bpk. Mahyeldi Ansharullah

Bila terowongan terwujud, maka jalur kereta api ini bisa melingkar dari Bandara Internasional Minangkabau, terus ke Indarung, Solok, Batu Taba, Padang Panjang, Kayu Tanam dan kembali ke bandara, ujarnya dalam pertemuan dengan Gubernur Irwan Prayitno dan Walikota Padang Mahyeldi, Selasa (21/6).

Tidak hanya itu, dengan terbukanya akses tersebut, maka mempermudah arus barang dari dan ke Teluk Bayur. Apalagi, ke depan juga bakal dibuka jalur ke Provinsi Riau. Jadi sangat efektif dan efisien, ujarnya.

Sisi positif lainnya dari kehadiran kereta api menurut Kurnia antara lain, membuat siapapun menjadi disiplin dan mampu mewujudkan kebersamaan. Ini tidak lain, karena ketepatan waktu dari transportasi tersebut, seperti yang banyak digunakan di negara-negara maju, diantaranya Jepang dan Amerika Serikat.

Irwan Prayitno dan Mahyeldi menyambut baik upaya yang akan dilakukan MPKAS tersebut. Dia juga berharap, pembangunan terowongan itu segera dapat dilakukan, karena memang sudah direncanakan sejak lama. Bahkan, untuk pembangunan terowongan tersebut sudah disiapkan fisibility study (FS) dan detail enginering disain (DED).

Dia sendiri juga telah membicarakan Menhub, Ignasius Jonan. Namun belum ada titik temu, mengingat tingginya biaya pembangunan yang diperkirakan mencapai Rp6 triliun. Itu angka yang sangat besar. Kelok Sembilan saja hanya Rp500 miliar yang dikerjakan selama enam tahun, sebutnya.(yuni)

Sumber : http://hariansinggalang.co.id/mpkas-dorong-dibangunnya-terowongan-padang-solok/

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eleven =