Melintas jembatan merah (bergairah kembali)

Jembatan Kereta Api yang dahulunya aktif digunakan sebagai salah satu sarana transportasi di Sumatera Barat. Sarana transportasi ini dulunya mengangkut penumpang dan terakhir sekitar tahun 1998 masih digunakan untuk mengangkut batu bara dari sawahlunto menuju pelabuhan teluk bayur padang.

melintas jembatan merah

Jembatan kereta api yang berada dikawasan lembah anai ini sekarang merupakan sarana objek wisata yang sekarang sudah dibangkitkan kembali oleh PJKA dibantu oleh beberapa organisasi lain seperti MPKAS (Masyarakat Peduli Kereta Api Sumbar).

Atas gagasan MPKAS, PJKA sumbar berhasil menggiring kembali kereta api uap yang disapa MAK ITAM, dimana telah melakukan perantauannya ke daerah jawa persisnya di ambarawa. Sekarng mak itam sudah dioperasikan kembali sebagai kereta api wisata, namun mengingat usia yang sudah uzur hanya diperjalankan antara sawah lunto dengan lubang kalam (terowongan) di sawah lunto.

Jembatan merah merupakan suatu spot yang sangat spektakuler untuk mengabadikan perjalanan kereta api. Momen yang sangat jarang sekali ditemui…, berkat kerjasama MPKAS dan west-sumatra.com akhirnya angel yang bagus bersama rekan-rekan photographer angel ini berhasi didapati.

Moment diatas diambil pada saat akan diadakannya persiapan peresmian akan dibangkitkannya kembali Kereta Api wisata di sumatera barat, juga dalam rangka hari pers nasional tahun 2009. Sekalain untuk memperkenalkan kepada generasi sekarang bahwa dahulunya jembatan merah sering dilalui kereta dan bukan hanya melihat rel-rel dan bantalan kereta api saja.

Sumber : http://muhammadyunusblog.blogspot.co.id/2009/05/melintas-jembatan-merah-bergairah.html

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =