Kereta Api Dari Aceh Hingga Lampung Harus Direalisasikan

Berikut saya teruskan Press Release DPD RI Kaukus Sumatera bersama MPKAS menghadap Menhub tadi siang. Ini merupakan lanjutan dari diskusi di Gedung MPR/DPR dengan DPD RI yang meminta keterlibatan MPKAS untuk bisa jadi mitra diskusi DPD utk isu KA.

Pada kesempatan tadi siang itu, saya a/n MPKAS, Perantau Minang dan masyarakat Sumbar juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Dephub yang telah memberikan 10 unit gerbong baru utk di Sumbar. Sembari bercanda, Pak Freddy Numberi bilang: “Aah itu belum dari saya itu, Pak Dirjen yang kasih itu…”. Semoga dari Pak Menteri bisa lebih besar lagi nanti, amin…

Kembali ke Gedung MPP/DPR, kita semua langsung lapor ke Ketua DPD RI, Pak Irman Gusman seperti di foto terlampir. Semoga ini positif dan bisa terealisir dengan baik, tidak hanya sebatas wacana. Insya allah…

Tambahan info, bulan September nanti, DPD RI Kaukus Sumatera ini akan roadshow ke seluruh propinsi di Sumatera untuk isu infrastruktur dan transportasi. Roadshow akan berakhir di Sumbar. MPKAS mengusulkan agar penutupan dg bbrp Menteri tsb dilakukan dg naik KA Wisata Singkarak. DPD sudah setuju dan saya juga sudah dapat dukungan dari PT KAI untuk itu.

Sekali lagi, terima kasih atas dukungan kawan-kawan semua.

Salam,
Nofrins Napilus
Sekjen MPKAS
—–

Kereta Api Dari Aceh Hingga Lampung Harus Direalisasikan – Pembangunan Kereta Api di Sumatera Merupakan Keniscayaan.

“Kereta Api dari Aceh Hingga Lampung bukanlah sebuah hal yang mustahil, dan harus segera direalisasikan”, demikian sambutan Menteri Perhubungan RI, Freddy Numberi saat menerima audiensi dari beberapa Anggota Kaukus Sumatera DPD RI pada hari Rabu, 16 Juni 2010 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.

Kaukus Sumatera DPD RI yang diwakili oleh Aida Ismeth – Anggota DPD RI asal Kepri yang sekaligus merupakan Koordinator Kaukus, Parlindungan Purba – Anggota DPD RI asal Sumut selaku Sekretaris Kaukus, Iswandi, A.MD – Asal Lampung, Aryodia Febriansya – Asal Lampung, Ir. Anang Prihantoro – Asal Lampung, dan Bambang P. Soeroso – Asal Bengkulu menyampaikan terbentuknya Kaukus Sumatera DPD RI yang merupakan gabungan dari Anggota DPD RI dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera. Pada pertemuan itu, Kaukus Sumatera DPD RI juga didampingi oleh Yulnofrins Napilus dan  Kurnia Chalik dari Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS) dan Aniur Rovic.

Aida Ismeth menyampaikan peran dari Kaukus Sumatera DPD RI adalah untuk ikut mengawasi pembangunan di Sumatera serta memberikan masukan pemikiran bagi para stake holder di masing-masing provinsi dalam rangka peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera.

Pada kesempatan tersebut, Parlindungan menyampaikan usulan pembangunan kereta api yang menghubungkan Aceh hingga Lampung serta pembangunan pelabuhan baik pelabuhan laut maupun pelabuhan sungai di masing-masing provinsi. Keberadaan kereta api dan pelabuhan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan pembangunan perekonomian di Sumatera.

Menanggapi hal tersebut, Freddy Numberi menyambut baik usulan tersebut bahkan menekankan dengan tegas agar pembangunan kereta api dilakukan dengan sistem dua arah (double track). Freddy Numberi juga menambahkan, bila keberadaan kereta api disandingkan dengan pelabuhan maka percepatan pembangunan akan semakin berkembang pesat. Dalam hal tersebut, provinsi harus melakukan grand desain pembangunan jalan kereta api dan pelabuhan serta melakukan koordinasi dengan Bupati dan Walikota sehingga tercipta sinergi yang baik dalam pembuatan grand desain tersebut. Selain itu, Freddy Numberi juga menyampaikan bahwa biaya pembuatan jalan kereta api jauh lebih murah bila dibandingkan dengan biaya perawatan jalan raya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Masih pada acara tersebut, Parlindungan menyampaikan rencana kerja Kaukus Sumatera DPD RI yang akan menyelenggarakan Sumatera Development Summit bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung, yaitu pertemuan Gubernur se Sumatera beserta jajaran terkait bersama seluruh Anggota Kaukus Sumatera DPD RI untuk merumuskan masterplan pembangunan, investasi serta kemitraan program pembangunan yang terintegrasi se Sumatera. Direncanakan pada acara tersebut, masing-masing Gubernur dapat mempresentasikan grand desain dalam mempersiapkan pembangunan kereta api dan pelabuhan.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Juli 2010 di Lampung akan dibuka oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman dan direncanakan sebagai narasumber Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa dan Menteri Perhubungan, Freddy Numberi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Keterangan Gambar : (dari Kiri ke Kanan)

Ir. Anang Prihantoro (Lampung), Iswandi, Amd. (Lampung), Aida Ismeth Nasution (Kepri) – Koordinator Kaukus Sumatera DPD RI, Freddy Numberi (Menteri Perhubungan RI), Parlindungan Purba, SH., MM. (Sumut), Aryodia Febriansya (Lampung).

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + four =