Kerangka Acuan Program KA Wisata

Berikut ini adalah Kerangka Acuan Program KA Wisata, silahkan klik disini untuk mendownload.Kerangka Acuan Program KA Wisata oleh DR. Saafroedin Bahar – Okt 2006


MASYARAKAT PEDULI KERETA API SUMATERA BARAT (MPKAS)

KERANGKA ACUAN RENCANA AKSI
KERETA API  WISATA SEBAGAI  DINAMISATOR
KEMAJUAN EKONOMI SUMATERA BARAT
DALAM JANGKA PENDEK
Disiapkan oleh Brigjen Purn DR. Saafroedin Bahar”.

Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS) didirikan bulan September  2006 oleh para pencinta kereta api Sumatera Barat., baik warga daerah Sumatera Barat sendiri maupun bukan. MPKAS dipimpin oleh Bp Chaidir Nien Latief SH, M.Si Datuk Bandaro, mantan Kepala Ekploitasi PJKA Sumatera Barat dan Direktur Pemasaran PT KAI. Beliau adalah Ketua Umum pertama dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Selain dari mencintai kereta api, para pendiri MPKAS ini sangat terpesona oleh keindahan alam daerah Sumatera Barat, dan yakin bahwa kereta api wisata dapat dikombinasikan dengan keindahan alam dan dengan keberadaan Bandara Internasional Minangkabau menjadi daya tarik andalan untuk industri wisata yang lumayan cerah, dan yakin bahwa seluruhnya itu akan menjadi terobosan dari keadaan stagnasi ekonomi yang menghinggapi daerah  Sumatera Barat.

Didorong oleh kecintaan dan wawasan itu, atas prakarsa sendiri para pegiat MPKAS telah melakukan pendekatan dengan sesama pencinta kereta api, dengan jaringan industri wisata, dengan direksi PT KAI di tingkat Pusat dan di Divisi Regional II Sumatera Barat, dan dengan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Sumatera Barat, dan Pemerintah Daerah Riau.  Pada umumnya, pendekatan ini membuahkan hasil berupa simpati dan persetujuan yang dapat – dan perlu – ditindaklanjuti. Pada tanggal 13 Oktober 2006 telah diadakan rapat kerja peh pengurus dan pegiat MPKAS, dengan pokok-pokok action plan sebagai berikut.

Untuk mencapai visi dan missinya mendayagunakan kerata api wisata sebagai morot penggerak pembangunan ekono i daerah Sumatera Barat, MPKAS perlu menyusun danb menggerakkan rencana aksi yang meliputi kegiatan ke dalam maupun kegiatan kelua.

Lengkapnya download Kerangka Acuan Program KA Wisata  disini yang ditulis oleh Bpk. Dr. Saafrudin Bahar