KAI Uji Coba Kereta Wisata di Sumbar

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan uji coba Kereta Api Wisata di Sumatera Barat pada 20 Desember 2008 mendatang. Uji coba kereta wisata itu akan disaksikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal.

Hal tersebut disampaikan  Direktur Pengembangan Usaha dan Niaga PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Sony Julison Arifin, Sony Julison Arifin, dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat Minang di Jakarta antara lain Ketua Umum Gebu Minang Asril tanjung, Ketua Umum Mappas Saafroeddin Bahar dan Rainal Rais, di Jakarta, Selasa (18/11).

Sony yang dalam eksempatan itu didampingi Kadivre PT KAI Sumbar Husein Nurrony, menjelaskan, rencana dan jadwal uji coba Kereta Api Wisata telah disetujui Menhub. “Jika tidak berhalangan, Menteri Perhubungan akan hadir pada tanggal 20 Desember 2008 itu,” tegas Sony.

Lebih lanjut Sony menjelaskan, Departemen Perhubungan sangat serius dalam mendukung Perkeretaapian di Sumbar. Atas sikap yang demikian itulah maka Dephub memprioritaskan pengiriman 5 unit gerbong baru senilai Rp18 milyar 13 September 2008 lalu.

“Guna percepatan uji coba dan operasional kereta api wisata itu, Departemen Perhubungan sudah mengucurkan dana awal sebesar Rp6,7 milyar untuk perbaikan bantalan rel, jembatan, stasiun dan berbagai fasilitas lainnya,” kata Sony Julison Arifin.

Sementara dalam APBN 2009 mendatang, Departemen Perhubungan juga sudah mengalokasikan dana sebanyak Rp50 miliar untuk tambahan gerbong dan lokomotif baru, ujarnya.

Dalam pertemuan yang sama, Kadivre KAI Sumbar Husein Nurrony menegaskan saat ini pihaknya mendatangkan beberapa kontraktor dari Pulau Jawa yang ahli dan berpengalaman dalam mengerjakan sarana dan prasarana perkerata-apian.

Dalam waktu dua minggu ke depan, lanjutnya, PT KAI Divre Sumbar sudah harus memasuki Uji Kelayakan 5 gerbong (daresi) yang akan melintasi daerah rel bergigi antara Kayutanam – Padang Panjang – Batu Tebal.

“Uji tersebut sudah memasuki yang kedua kalinya karena sebelumnya gerbong dimaksud di uji coba ke Padang Panjang. Uji coba kali ini selain bertujuan untuk keselamatan, sekaligus sebagai salah upaya untuk untuk memperoleh sertifikasi yang akan dikeluarkan oleh Team dari Ditjen Perkereta-apian Dephub,” tegasnya.(Fas/jpnn)

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =