Audiensi dan Presentasi MPKAS dengan Wakil Menhub

Alhamdulillah bersyukur kita kepada Allah SWT dan terimakasih banyak kepada Uda Mazni Harun, kemarin sore hari Rabu 21 September 2011 dari jam 18:30 s/d 19:00,bertempat di Blora Institute Jl.Veteran 1 no 26 Jakarta Pusat, berkat bantuan dari Uda Mazni Harun,akhirnya saya mewakili rekan2 MPKAS dapat bertemu dan melakukan Presentasi MPKAS tentang topik: “Revitalisasi Kereta Api di Sumatera Barat, Sebuah Pembelajaran”, kepada Pak Wakil Menhub RI Pak Bambang Susantono.

Pada prinsipnya MPKAS pada Presentasi kemarin itu,menekankan perlunya kita mengharapkan dukungan nyata dari beliau,untuk :

  1. Dapat segera membantu mengaktifkan kembali jalur Kereta Api dari Padang Panjang – Bukittinggi – ke Payakumbuh
  2. Agar proses pengiriman Railbus ke Sumbar dapat dilakukan sesuai jadwal dan jangan ditunda2 lagi.
  3. Mohon dukungan agar pelaksanaan Perbaikan Jembatan yang roboh di Kayu Tanam (BH 134),agar dapat dituntaskan segera sehingga KA Dang Tuanku Rute Padang ke Padang Panjang dapat segera dioperasikan.

Alhamdulilah beliau sangat menyambut positif keinginan kita ini

Berikut beberapa catatan yang disampaikan oleh Beliau,yang sangat supportif sekali terhadap usaha2 MPKAS selama ini,setelah dengan seksama memperhatikan Presentasi MPKAS itu sbb:

1.Pak Wakil Menhub Bambang Susantono, sangat mengapresiasi sekali usaha2 yang telah dilakukan oleh MPKAS selama ini dalam usaha menghidupkan kembali dunia Perkeretaapian di Sumatera Barat melalui Program KA Wisata. Karena menurut hemat beliau,kalau hanya mengandalkan kepada Pemerintah saja, rasanya tidaklah sanggup melakukan hal2 seperti itu tanpa,oleh karenanya partisipasi dan peran aktif lembaga2 sosial seperti MPKAS ini,dalam melakukan pendekatan2 dan penggalangan dukungan baik secara politis,moril maupun pendanaan,kepada seluruh stakeholder yang terkait,terutama Pemprov Sumbar,Dephub,PT KAI.,Pemkab/Pemko di Sumbar,DPRD,dan masyarakat luas lainnya, sangatlah diperlukan.

2.Misi dan Visi MPKAS,serta usaha2 yang telah dijalankan MPKAS selama ini menurut hemat beliau sudah sangat sejalan dengan visi dan misi Departement Perhubungan,terutama visi dan Misi Pengembangan sarana Perkeretaapian di Indonesia.

3.Beliau juga sangat tertarik dalam waktu dekat untuk dapat berkunjung ke  Sumatera Barat untuk melihat secara langsung kondisi sarana dan Prasarana Perkeretaapian di Ranah Minang saat ini.InsyaAllah nanti mungkin hal ini dapat difollow-up oleh Uda Mazni Harun,karena Pak Wakil Menhub ini sangat dekat dengan Uda Mazni Harun.

4.Beliau juga sangat bangga, menyadari,bahwa Pemprov dan Masyarakat Sumatera Barat adalah masyarakat yang cepat tanggap dan cepat mengerti akan peranan penting Sarana transportasi Perkeretaapian dalam menunjang kemajuan suatu daerah.

5.Beliau juga siap mengeluarkan anggaran sesuai dengan kesanggupan dana yang tersedia tentunya, untuk membersihkan rel KA jalur Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh,Alhamdulillah ya Allah….Tetapi beliau juga sangat berharap adanya partisipasi dari anggaran APBD juga nantinya untuk membersihkan rel itu,untuk menunjukan dukungan dan komitmen dari Pemprov,Pemda/Pemko,Sumatera Barat,dalam mendukung rencana ini.

6.Beliau  juga secara sekilas menyampaikan bahwa adanya problem mendasar yang sedang dihadapi Department Perhubungan saat ini khususnya mengenai sarana Transportasi Kereta api ini yaitu adanya konflik kepentingan, dikotomi dalam penyelenggaraan Sarana Transportasi Kereta Api ini di Indonesia saat ini,antara Direktorat Jendral Perkeretaapian (sebagai regulator) dengan PT.KAI sebagai operator. Adanya tarik menarik kepentingan di sini yang membuat Direktorat Jendral Perkeretapian tidak begitu leluasa dalam pengembangan sarana dan prasarana Perkeretapian di Indonesia saat ini.

7.Beliau berharap,kedatangan Railbus ke Sumbar nantinya,akan menjadi penyemangat baru bagi Perkeretaapian Sumatera Barat.

8.Beliau akan support terus agar perbaikan dan pembangunan Jembatan Kayutanam yang Roboh tahun lalu akan selesai bulan Nopember 2011 ini.

Demikianlah laporan singkat dari acara Audiensi kemarin,semoga Allah SWT akan meridhoi setiap niat tulus ikhlas kita semua dalam memajukan Ranah Minang Kampuang halaman kita yang tercinta,Amin yarabal’alamin.

Wasalam,

Kurnia Chalik (MPKAS)

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 1 =